jasa kirim barang

Perhatikan 5 Poin Packing Ini Saat Kirim Barang ke Luar Negeri

Seperti packing pada umumnya baik untuk kebutuhan kirim barang di dalam negeri ataupun kirim barang ke luar negeri mempunyai tujuan yang sama yaitu untuk melindungi barang. Meskipun secara teknisnya packingan barang yang dikirim ke luar negeri harus lebih extra karena jarak tempuh yang lebih panjang sehingga perlu kamu double packing.

Nah karena kalau kita kirim barang ke luar negeri butuh double packing, kita sebenarnya perlu tau poin-poin apa saja yang harus kita garis bawahi saat packing. Ini penting untuk kalian lakukan demi keamanan barang yang kalian kirim yaa.

Poin-Poin yang Perlu Diperhatikan Saat Packing Barang yang Dikirim ke Luar Negeri

  • Tau Jenis Barangnya

Barang menjadi tolak ukur kita dalam melakukan packing. Dengan kita tau barang jenis apa yang akan kita kirim, kita akan semakin waspada dalam memberikan perlakukan.

Contohnya apabila barang yang kamu kirim termasuk jenis yang mudah pecah, atau lentur, ataupun elektronik maka tentu harus kita packing secara benar. Kalau elektronik sudah pasti harus kita double packing dan bila perlu menggunakan media packing yang keras seperti kayu. Tujuannya adalah untuk menghindari menurunnya kualitas barang akibat benturan saat dikirim dan sebagainya.

  • Harus Disusun Secara Teratur

Pintar-pintar dalam menyusun barang yang akan kamu kirim yaa karena ini nanti berakibat pada ongkos kirim yang harus kamu bayarkan. Jika barang yang kamu kirim kecil maka perlakukan barang tersebut secara ringkas dan simpel jangan menggunakan kardus yang terlalu besar. Dan apabila kamu mengirim barang yang banyak dan besar, sebaiknya tumpuklah secara rapi. Jangan sampai terlalu besar dan melebihi budget ongkir impor dari Jepang ataupun sebaliknya.

  • Double atau Triple Lapisan

Kirim barang ke luar negeri tidak boleh menggunakan sembarangan lapisan, usahakan berikan lapisan lebih dari dua. Kamu bisa membungkusnya menggunakan bubble wrap dua lapis. Kemudian lapisan luarnya kamu bisa tambah dengan kardus yang cukup tebal. Hal ini merupakan usaha preventif yang bisa kamu lakukan untuk menghindari barang yang rusak. Di luar kardus kamu bisa melapisi lagi dengan plastik untuk melindungi barang dari air.

  • Berikan Alamat, Nomor Telepon, dan Identitas Lain di Kertas Anti Air

Karena jarak atau perjalanan yang jauh usahakan alamat yang kamu tuliskan beserta nomor teleponnya tidak terhapus. Sesuaikan juga bahasa yang kalian gunakan atau gunakan bahasa inggris agar lebih mudah diterjemahkan. Alamat dan identitas lainnya wajib kamu taruh di lapisan paling luar yaa dan usahakan kamu tulis di kertas berlapis plastik untuk menghindari kelunturan.

  • Berikan Lapisan Anti Air

Untuk lapisan paling luar selain menggunakan plastik kamu juga bisa membungkusnya dengan selotip coklat atau bening. Kertas yang berisikan identitas dan alamatmu juga bisa kamu lapisi dengan selotip agar lebih aman yaa.

Apabila barang yang kamu kirim adalah barang elektronik berharga sebaiknya tambahkan lapisan kayu yaa agar keamanan semakin baik. Gunakan kayu jenis plywood kalau mau lebih aman dan tidak terkena biaya tambahan. Nah apabila kamu masih bingung kamu bisa tonton video packing untuk kirim barang ke luar negeri yang sekarang dengan mudah bisa kamu temukan di youtube atau aplikasi lainnya.

 

Leave a comment

All fields marked with an asterisk (*) are required